Update

Bukan cuman soal ANGGARAN, Desa juga perlu ini biar maju

Pagerwangi muda berdaya,. Selama Indonesia merdeka, selama itu pula para generasi muda penerus bangsa berjuang untuk dapat mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan segenap tumpah darahnya. Begitulah ungkapan penuh semangat yang dimaknai secara sederhana untuk mendeskripsikan semangat Indonesia. Hampir genap 75 tahun Indonesia merdeka, berbagai halangan dan rintangan telah dilaui, mulai dari para penjajah yang menguasai tanah Nusantara, perdebatan para pendiri bangsa ini, berbagai pemberontakan, krisis ekonomi, berbagai macam bencana alam yang melanda bumi pertiwi, wabah penyakit yang menerjang, hingga kasus-kasus yang bertentangan dengan hukum melanda Negeri Indonesia secara terus menerus. Perjuangan dari generasi ke generasi wajib hukumnya bagi seluruh masyarakat Indonesia. Berdasarkan data yang dikutip dari Badan Pusat Statistik, pada tahun 2015 jumlah penduduk Indonesia mencapai kurang lebih 230 juta penduduk dengan proyeksi pada tahun 2020 mencapai kurang lebih 270 juta pe

Tempat Wisata Alam Lembang Bandung, Sayang Jika Melewatkan


Lembang, sebuah kota di Bandung yang terkenal dengan tempat wisata alamnya adalah salah satu kota tujuan wisata yang selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal jika datang ke Bandung.
Di Lembang terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, di dalam artikel ini, akan dibahas beberapa tempat wisata yang paling menarik yang sayang jika Anda lewatkan.
Gunung Tangkuban Perahu 

Disebut sebagai Gunung Tangkuban Perahu atau Tangkuban Parahu karena bentuk gunung ini seperti perahu terbalik. Tidak hanya bentuk gunung yang unik, di sini Anda juga dapat menemukan pemandangan indah kawah dan udara sejuk.

Di sini, Anda akan menikmati pemandangan gunung yang dikelilingi oleh hutan pohon pinus yang rindang dan hamparan kebun teh di sekitar lereng gunung.

Gunung Tangkuban Perahu


Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu ikon pariwisata Bandung Barat yang populer dengan cerita rakyat Sangkuriang, di mana menurut cerita tersebut, Sangkuriang, sang anak ingin menikahi ibunya sendiri, Dayang Sumbi.

Dalam usaha menggagalkannya, Dayang Sumbi meminta pada Sangkuriang untuk membuat sebuah perahu dalam semalam. Karena usahanya gagal, Sangkuriang pun marah dan menendang perahu yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Perahu.

Untuk mengunjungi tempat ini, Anda disarankan untuk membawa dan mengenakan masker penutup mulut karena gas belerang yang tajam dapat membuat Anda pingsan atau meracuni Anda. Gas belerang ini timbul dari kawah hasil letusan Gunung Tangkuban Perahu.

 Gunung Tangkuban Parahu


Untuk memasuki kawasan ini, Anda diharuskan membayar tiket masuk untuk perorangan serta biaya parkir kendaraan.



Floating Market

Ikon dari Floating Market Lembang adalah pasar terapung di atas danau layaknya di negeri Thailand atau di kota lain di Indonesia seperti di Banjarmasin dan Langkat, dan Anda tidak jauh-jauh untuk dapat mengunjungi pasar terapung tersebut.


Anda akan merasakan berbelanja di atas perahu terapung mulai dari membeli makanan tradisional hingga sayur-mayur dan bahan makanan lainnya.



Selain pemandangan yang unik, Floating Market Lembang juga menyediakan berbagai pilihan kuliner khas Sunda yang dapat Anda nikmati dan juga Anda beli melalui perahu terapung tersebut.


Floating Market buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 8 malam dan di sini menyediakan berbagai macam permainan anak seperti area outbound, perahu dan kereta air serta taman miniatur kereta api yang akan dibahas selanjutnya.
Selain permainan anak-anak, bagi ibu-ibu yang gemar berbelanja, di sini pun tersedia toko yang menjual souvenir dan oleh-oleh yang dapat Anda berikan pada kerabat Anda di rumah.
Taman Miniatur Kereta Api

Seperti Museum Kereta Api di Bandung yang memberikan edukasi mengenai sejarah perkeretapian di Indonesia dan dunia, di dalam Taman Miniatur Kereta Api ini, Anda juga dapat melihat bentuk-bentuk kereta api mungil (miniatur) sembari mempelajari nama dan jenis lokomotif tersebut.

Tempat ini sangat sesuai untuk anak-anak karena mereka akan melihat dengan dekat seluruh lokomotif tersebut.


Taman Miniatur Kereta Api yang memiliki perbandingan 1:24 dengan yang sungguhan, ini terletak di dalam Floating Market. Seluruh desain taman, perumahan, jalanan hingga kereta apinya pun sangat teliti dan detail sehingga terlihat seperti nyata.






Tidak heran pengunjung akan kagum dengan pemandangan yang sangat kreatif dan terlihat seperti sungguhan tersebut.
Farmhouse

Farmhouse Lembang, sesuai dengan namanya, di sini Anda akan merasa seperti berwisata di sebuah ternak yang luas. Di sini, Anda dapat merasakan caranya beternak, memerah sapi, memberi makanan kepada unggas dan lainnya.




Selain itu, Farmhouse Lembang juga memberikan suasana bangunan ala Eropa sampai para karyawannya pun mengenakan busana Eropa.


Farmhouse Lembang ini juga dikenal dengan sebutan Farmhouse Susu Lembang. Alasannya, di sini Anda dapat menikmati susu khas Lembang yang wangi dan bernutrisi. Ketika Anda membeli tiket masuk, Anda akan mendapatkan susu gratis dengan pilihan rasa yang beragam. 

Di dalam Farmhouse sendiri, Anda juga dapat membeli beragam souvenir, mulai dari makanan hingga pakaian atau cinderamata.
Jendela Alam
Tidak jauh berbeda dengan Farmhouse Lembang, di Jendela Alam, Anda dan anak-anak dapat merasakan caranya beternak dan bertani/berkebun.

Selain menambah pengetahuan, Anda akan mengerti praktik langsung dengan ditemani udara yang sejuk dan keindahan alam yang menenangkan.




Kampung Daun



Salah satu restoran yang sangat terkenal tidak hanya di Bandung, tetapi juga di Indonesia, Restoran ini menawarkan kuliner khas Sunda. Tetapi spesialnya, Anda dapat menikmati makanan Anda di dalam saung-saung di atas perbukitan dengan hawa yang sejuk dan pohon-pohon yang rindang.

Anda akan merasakan pengalaman yang jauh berbeda dari perkotaan dan sensasi yang ditawarkan oleh Kampung Daun sangatlah menenangkan.




Ciater

Objek wisata ini sudah terkenal sejak dahulu, Ciater merupakan tempat wisata di mana pengunjung dapat merasakan pemandian air panas alami seperti di negeri Jepang yang dapat menyegarkan sekaligus menyehatkan kulit Anda.


Bagi Anda yang lebih menginginkan privasi, maka Ciater pun menawarkan pemandian air panas di ruangan private, selain itu, ada pula pemandian air panas yang berupa kolam umum.





Observatorium Bosscha




Observatorium Bosscha merupakan sebuah observatorium yang menyimpan teropong bintang tertua di Indonesia yang telah dibangun sejak tahun 1923.




Di sini, pengunjung dapat menambah pengetahuan mengenai sejarah dan edukasi atas benda-benda langit. Karena fasilitas yang ditawarkan ini, observatorium Bosscha ini sering dikunjungi oleh para rombongan dari sekolah dan perguruan tinggi.



The Lodge Maribaya
Tempat ini menawarkan sensasi glamour camping, di mana Anda dapat bermalam di tengah alam terbuka dan di tengah kawasan hutan pinus sembari mendekatkan diri dengan alam. Tidak hanya itu, Anda pun dapat menikmati sajian kuliner khas lokal maupun internasional.




Bagi Anda yang penat dengan hiruk pikuk perkotaan, The Lodge Maribaya merupakan tempat yang paling sesuai untuk melepaskan stres Anda.



Pine Forest Camp

Sesuai dengan namanya, di tempat ini, Anda dapat menikmati pengalaman berkemah di tengah hutan pinus. Karena pemandangannya yang asri dan indah, tempat ini sering dijadikan tempat untuk pengambil foto prewedding atau dijadikan tempat resepsi pernikahan, seperti yang dilakukan oleh artis Indonesia, Andien.

Bagi Anda yang mencintai alam dan ingin merasakan pengalaman yang berbeda, silahkan kunjungi tempat ini.


Gunung Putri Lembang




Objek wisata ini menawarkan eksotisme pegunungan di Lembang yang sangat indah, terutama menjelang matahari terbit dan terbenam. Gunung Putri ini menyimpan sejuta pesona alam yang luar biasa, dan juga gunung ini sendiri menyimpan sejarah dan misteri.




Selain aktivitas seperti mendaki gunung, Anda pun dapat berkemah di sini sembari mendekatkan diri pada alam.



Gunung Batu
Gunung Batu merupakan bekas letusan dari Gunung Sunda purbakala yang usianya telah lebih dari 500.000 tahun. Ketinggian gunung ini sekitar 1.335 mdpl dan terletak di bagian selatan kota Lembang.




Walaupun mempunyai lokasi yang sedikit jauh dari pusat kota Lembang, Gunung Batu ini sering didatangi pengunjung. Tidak jauh berbeda dengan Gunung Putri, Gunung Batu ini juga menawarkan alam yang indah serta tantangan bagi para pendaki.



Di puncak gunung ini, terdapat Stasiun Pemantauan Gempa Bumi pengelolaan BMKG Jawa Barat karena gunung ini mempunyai potensi yang menyebabkan gempa bumi yang cukup kuat. Selain itu, Anda pun dapat menikmati suasana kota Lembang dari ketinggian.

Di bagian lain dari Gunung Batu, Anda dapat menikmati aktivitas wall climbing atau panjat tebing. Pemandangan di malam hari pun sayang untuk dilewatkan, oleh karena itu banyak pengunjung yang melakukan aktivitas berkemah di sini.
Taman Begonia 


Taman ini juga disebut dengan nama Kebun Begonia Glory, dan bunga unggulan yang ada di taman ini adalah bunga khas kota Bali, Balinea. Di tempat ini, Anda dan keluarga akan mendapatkan edukasi mengenai konservasi tanaman bunga sembari menikmati fasilitas kuliner di dalamnya.

Ketika mengunjungi tempat ini, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan warna warni serta harum bunga yang wangi.



Taman Bunga Cihideung


Dikenal sebagai pusat penjualan bunga dan tanaman hias yang terbesar di Bandung, Taman Bunga Cihideung ini adalah salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi di kota Lembang. Anda akan menemukan budidaya bunga hias seperti anggrek dan melati serta bunga lainnya di sini.

Jika Anda penggemar tanaman hias, maka Anda dapat mengunjungi tempat ini ketika berlibur ke Bandung.


De Ranch

Di tempat wisata ini, Anda dapat merasakan berwisata layaknya di daerah cowboyAmerika. Di sini, Anda dapat menunggang kuda dengan mengenakan pakaian lengkap ala cowboy.

Tentunya, bagi anak-anak yang menyukai tantangan dan mencintai alam, tempat ini adalah tempat wisata yang tepat.


Tidak hanya itu, di sini, Anda pun dapat menemukan fasilitas kuliner mulai dari masakan lokal hingga mancanegara. Bagi Anda yang ingin membeli souvenir atau oleh-oleh, di sini pun tersedia tempat belanja yang cukup lengkap.


Situ Lembang

Situ berarti danau yang berada di tengah pegunungan. Terbentuknya danau ini adalah merupakan sebuah kaldera dari letusan gunung Sunda 1-2 juta tahun yang lalu. Situ Lembang merupakan sebuah tempat wisata yang menarik perhatian karena pemandangannya yang indah.

Situ Lembang ini juga dipakai sebagai tempat latihan militer, seperti simulasi tempur.


Di tempat ini, Anda akan merasakan udara yang sejuk karena Situ Lembang sendiri berdiri di ketinggian 1.567 meter di atas permukaan laut dengan suhu sekira 15-25 derajat. Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini, misalnya memancing.



Selain itu, Anda pun dapat bersantai menikmati minuman hangat sembari merasakan udara sejuk di atas pegunungan ini.